Minggu, 13 November 2011

Mengenal Sejarah Helm

 
Kepala merupakan bagian tubuh yang perlu dilindungi. Karena semua perintah dan komando terdapat di kepala yaitu otak. Bagi pengendara kendaran bermotor, helm sudah menjadi kebutuhan yang wajib dibawa dan dipakai. Dengan memakai helm, kita bisa terhindar dari cidera kepala jika mengalami kecelakaan saat berkendara.
Tapi tahukah teman - teman sekalian, bagaimana sejarahnya helm tersebut ?????

Sejarah helm dimulai dari sejak jaman Romawi kuno. Kalau kita membaca sejarah, kita pasti tahu bagaimana pakaian dari para prajurit Romawi. Terlihat para serdadu selalu memakai baju zirah, perisai dan dilengkapi pelindung kepala atau helm. Pada saat itu fungsi dari helm adalah untuk melindungi kepala dari ancaman senjata musuh berupa pedang dan anak panah. Perkembangan helm berlangsung hingga jaman Romawi klasik, abad pertengahan hingga sampai akhir abad ke 17 baik di Eropa hingga ke Jepang.

Pada tahun 1670, penggunaan helm mulai menurun, karena sudah tidak dianggap efektif bagi pemakainya. Karena pada tahun ini sudah banyak penggunaan senjata api sebagai senjata perang, helm sudah tidak sanggup lagi melindungi kepala karena kualitas bahan yang tidak mengikuti senjata perang yang digunakan. Hingga akhirnya pada abad ke 18, para infantri tidak ada lagi yang mengenakan helm sama sekali.

Pada jaman Napoleon, helm kembali digunakan lagi bagi para prajurit kavaleri. Kemampuan helm yang berfungsi melindungi kepala, terlihat pada saat perang dunia pertama. Korban banyak berkurang akibat dari serpihan bom, karena bahan dan kualitas helm sudah berbeda dari jamannya Romawi.

Karena sudah terbukti bahwa helm bisa mengurangi korban jiwa, maka sejak perang dunia kedua hingga sekarang, helm merupakan perlengkapan wajib sebagai pelindung kepala bagi para prajurit.

Sejalan dengan berkembangnya waktu dan teknologi manusia, helm terus berevolusi. Dari sisi aktivitas helm tak lagi hanya dibutuhkan untuk perang, tapi juga dikenakan untuk aktivitas-aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, berkendara atau kegiatan beresiko lainnya. Dari sisi bahan, bentuk, teknologi dan modelnya, helm juga terus berubah. Sekarang ini helm banyak dibuat dari bahan yang lebih bervariasi selain besi yaitu metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau bahkan plastik yang kuat. 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More